Sabtu, 12 September 2009

Maag, Amannya Makan Apa Ya ?


Penyakit maag memang rewel. Telat makan susah, kebanyakan makan susah juga. Belum lagi pantangan makanan. Dilarang makan yang pedas, asam dan sabagainya. Jadi makanan apa yang aman untuk penderita maag ?

Dalam buku “50 ways to relieve heartburn, reflux and ulcers”, M Sara Rosenthal menyarankan bagi penderita maag agar mempertimbangkan jenis makanan yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung, seperti kentang. Pisang, brokoli, kol, bubur yang selain menetralisir asam lambung, juga dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Kentang. Adalah sumber karbohidrat yang baik, sehingga mampu memebrikan rasa kenyang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat alkali di padi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung anda.

Brokoli. Sumber kalium dan zat sulfur yang baik. Sulfur merupakan prekursor glutation yang berperan sebagai antiboksidan pelindung terhadap lapisan dalam kulit lambung. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.
Pisang masak. Jenis buah-buahan yang mengandung kalium seperti pisang, melon, pepaya, dan tomat baik dikonsumsi sebab mengandung kalium yang berfungsi menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga memberikan sensasi kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan.
Bubur ayam. Bagi penderita maag akut, makanan yang mudah dicerna seperti bubur ayam berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna,namun sebagai penambah rasa anda boleh menambahkan telur rebus, kecap atau kerupuk.

Lidah buaya. Bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga merupakan pemulih radang, termasuk radang pada saluran pencernaan.

Kol. Meski banyak dijauhi karena menyebabkan produksi gas, banyak ahli kesehatan yang justru memanfaatkan kol untuk mengatasi penyakit maag. Menurut dr. Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kol mengandung asam amino glutamin yag meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, serta mengobati luka pada saluran pencernaan .

Konsultasikan dengan dokter anda

Sumber :
Dr. Rehan
http://techniquestips.com/makanan-sehat/maag-amannya-makan-apa-ya/
13 September 2009

Sumber Gambar:
http://lifestyle.okezone.com/photo/dt/content/2009/08/25/27/251037/L4Zy4tXvxy.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar