Sabtu, 12 September 2009

Puasa Sembuhkan Penyakit Maag

Haira sangat bersyukur bisa menjalankan ibadah Ramadhan kali ini. Berkat Ramadhan pula, sakit maag yang ia derita sembuh sejak tahun lalu. Haira awalnya merasa khawatir ia tidak sanggup untuk menjalankan ibadah puasa karena takut maag yang ia derita kumat.

"Sebelum memulai puasa tahun lalu saya sempat khawatir penyakit maag saya kambuh lagi. Pada hari biasa saja, kalau saya telat makan dua jam perut saya sakit, apalagi jika seharian. Tapi berkat dorongan orang tua, saya pun mencoba puasa, ternyata maag saya tidak kambuh lagi," ungkapnya.

Pada Ramadhan tahun ini, ia berniat akan menjalankannya sampai selesai.Agar puasanya lancar, ia mengaku di saat sahur lebih banyak mengkosumsi air putih, buah-buahan dan sayur-sayuran. "Tapi saya tidak mengurangi makanan pokok seperti nasi dan lauk pauk sebab tanpa bahan-bahan tersebut energi kuta selama puasa bisa berkurang,"ujarnya.

Untuk berbuka, Haira memulai dengan meminum teh manis yang mengandung sedikit gula.Kegunaannya untuk menambah energi. Ia menghindari minum es, meskipun terasa lebih nikmat. Sebab dengan minum es badan akan menjadi lesu. "Sebaiknya minum yang manis di saat berbuka, tapi jangan terlalu manis karena bisa meningkatkan asam lambung,"ucapnya.

Tak jauh beda dengan Haira, Mirna juga mengalami pengalaman serupa. Menurutnya dengan melakukan ibadah puasa, pikirannya menjadi tenang sehingga segala penyakit bisa hilang dengan sendirinya. "Selama saya melakukan ibadah puasa stres yang saya alami sedikit demi sedikit mulai berkurang.

Makanya saya sangat bersyukur bisa menikmati ibadah puasa ini, selain itu penyakit-penyakit yang ada di dalam badan saya juga hilang,"ungkapnya. Dilanjutkannya, tips yang ia pakai selama Ramadhan dengan mengurangi makanan-makanan yang mengandung minyak atau santan. Sebab bisa merusak saluran pencernaan disaat puasa.

Sebaliknya, ia lebih banyak mengkosumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Sebab dengan memakan sayuran dan buah tersebut daya tahan tubuhnya bisa lebih fit disaat berpuasa. Selain itu disaat berpuasa ia juga tidak malas untuk melakukan olahraga.

"Sebagian orang beralasan jika disaat puasa kita melakukan olahraga maka kita tidak kuat untuk berpuasa. Tapi sebenaranya saya lebih menyukai berolahraga dibulan puasa, olahraga yang saya lakukan hanya joging setelah shalat subuh, dengan berolah raga tersebut tubuh saya terasa fit di waktu puasa,"tambahnya. (zid)
- 29 Agustus 2009

Sumber :
http://www.tribunpekanbaru.com/read/artikel/8707/puasa-sembuhkan-penyakit-maag
12 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar